Lakukan Mutasi Lintas Unit, Kemenkeu Semakin Baik Merespon Tantangan

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dengan melihat tantangan keuangan negara ke depan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik 417 orang pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan, Rabu (13/04). Pelantikan ini melibatkan sejumlah pejabat yang mengalami mutasi, pengukuhan, maupun promosi. Sebagian besar dari pejabat yang dilantik tersebut merupakan pemindahan dari unit eselon I yang berbeda atau lintas unit.

“Promosi, mutasi, rotasi di dalam Lingkungan Kementerian Keuangan dilaksanakan sebagai suatu kebutuhan organisasi. Bagaimana Kementerian Keuangan terus merevitalisasi diri dalam rangka meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam lingkungan Kementerian Keuangan,” ungkap Menkeu pada Acara Pelantikan Pejabat di Lingkungan Kemenkeu yang berlangsung secara hybrid.

Menkeu mengatakan, langkah Kemenkeu untuk melakukan pemindahan lintas unit harus dianggap sebagai suatu tren yang biasa atau mainstream karena adanya kebutuhan organisasi. Terlebih ketika dihantam pandemi Covid-19 dimana penerimaan negara turun, belanja negara naik, dan defisit meningkat, menyebabkan instrumen APBN bekerja luar biasa keras. Tantangan ini membutuhkan sinergi dari seluruh pengelola keuangan negara.

“Dalam experience atau pengalaman yang begitu sangat pelik dan menekan, kita menemukan kolaborasi menjadi semakin penting. Bagaimana kita bersama-sama Kementerian lembaga lain mendesain dan mengeksekusi pemulihan ekonomi nasional dan penanganan covid. Kita tidak lagi terpaku kepada setiap unit eselon I,” tandas Menkeu.

Menkeu menekankan, suasana dan tantangan itu memberikan gambaran bahwa kolaborasi dan sinergi menjadi suatu keharusan. Selain itu, pemindahan antar unit eselon I juga merupakan strategi pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkeu. Mutasi dan promosi menjadi ajang memperkaya kemampuan, pengetahuan, pengalaman, kepemimpinan, manajerial skill, dan kompetensi.

“Dengan pemahaman, mindset untuk terus bersinergi, kolaborasi, dan selalu memiliki attitude atau sikap untuk bekerja sama, saya berharap Kementerian Keuangan akan semakin rapi dan semakin baik dalam merespons tantangan-tantangan di bidang keuangan negara,” pungkas Menkeu. (rls)